Senin, 21 Februari 2011

Tips Menjaga Kesehatan


Ada yang mengatakan kesehatan itu mahal, memang benar adanya. Bayangkan kalau kita sakit, kita mesti check kesehatan ke dokter, beli obat, bahkan oprasi.
Semua itu memerlukan biaya yang mahal, selain itu kalau kita sakit banyak hal yang mestinya kita lakukan tapi tidak bisa kita lakukan misal belajar, bekerja, berkumpul sanak saudara, dan kegiatan yang bermanfaat lainnya. Oleh karena itu, kita wajib menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat.

Berikut ini tips menjaga kesehatan tubuh kita; 
  • Menimbang berat badan
Berat badan yang ideal bisa menurunkan tingkat risiko terhadap berbagai penyakit, cara memeriksa berat badan dalam batasan sehat yaitu dengan menghitung Index Masa Tubuh, pertama tulislah tinggi badan kamu dalam satuan meter juga berat badan kamu dalam kilogram. Kedua, bagi berat badan kamu dengan tinggi badan kuadrat, misalnya berat badan adalah 60kg dan tinggi badan 1,6 meter. Maka 60/(1,6x1,6) = 60/2,56 = 23,4375.
Rumus ini tak selamanya sempurna, karena tak membedakan antara otot maupun lemak, juga tak memperhitungkan faktor ras, tetapi hanya sebagai indikator saja. Dengan melihat patokan sebagai berikut:
Berat badan kurang apabila hasil kuarng dari 20
Berat badan normal apabila hasil 20-24,9
Berat badan berlebih apabila hasil 25-29,9
dan Obesitas bila hasilnya diatas 30.
Jadi berat badan yang kita hitung tadi termasuk normal karena hasilnya 23,4375.
Bagaimana dengan kamu?

  • Memilih Makanan Yang Sehat
Makanan yang tidak sehat juga diet yang terlalu ketat dapat mengakibatkan gangguan yang serius terhadap kesehatan kita, terutama dalam jangka panjang. Makan makanan yang bernutrisi secukupnya, kita usahakan 4 sehat 5 sempurna, dan jangan lupa minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas sehari.

  • Berolahraga
Mulailah guanakan waktu luang kamu untuk berolahraga, 30 menit sehari sudah cukup. Selain itu budayakan jalan kaki atau bersepeda daripada bermotor atau kendaraan lain untuk menuju tempat-tempat terdekat, misal sekolah, toko, pasar ,dll. Selain menyehatkan badan juga mengurangi polusi udara, yang juga bermanfaat bagi kita.

  • Istirahat Yang Cukup
Tubuh kita memerlukan istirahat (tidur) antara 6-9 jam tergantung orang dan aktivitasnya, hindari kafein ataupun alkohol sebelum tidur, segera tidur bila kantuk, dan ciptakan suasana nyaman di kamr tidur kamu, sehingga kamu bisa tidur pulas dan keesokan hari bisa fresh lagi. Kalau mengalami sulit tidur, segera konsultasikan ke dokter.

  • Kurangi Stres
Luangkan waktu kamu untuk menenangkan diri karena hal ini dapat membuatmu tenang dan positif, dengan berlibur, menyendiri, spa, atau kegiatan lain yang bisa mengurangi beban pikiran kita.

  • Hindari Rokok
Tahukah kamu diperkirakan menghisap satu batang rokok memperpendek usia 25 menit, bayangkan bila tiap hari mengkonsumsi sebungkus rokok atau bahkan lebih, itu artinya seminggu menghabiskan sekitar 80an batang, dan itu berarti usia akan berkurang 2000 menit dalam seminggu. Hal ini sangat membahayakan, selain itu merupakn pemborosan karena seharusnya uang untuk membeli rokok bisa dialokasikan untuk hal-hal yang berguna lainnya. Keanyakan orang merokok hanya untuk memenuhi lifestyle, tapi masih penting manakah antara lifestyle dan kesehatan? Stop merokok sekarang juga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar