Selasa, 16 Agustus 2011

Jejaring Sosial Heello

Di zaman sekarang orang-orang narsis bin eksis makin dimanjakan dengan maraknya berbagai jejaring social sebut saja dari yang paling lawas seperti Friendster kemudian facebook dan twitter, yang paling fenomenal ialah facebook, tercatat pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif namun keberadaanyya kini semakin “terancam” dengan munculnya google+. Seperti google+ yang berusaha “menggerogoti” facebook, kini hadir pesaing dari twitter, yaitu Heello. 

Memang perlu diakui bahwa tampilan jejaring social yang bernama Heello ini tidak jauh beda dengan Twitter, fitur-fiturnya pun nyaris sama. Hanya saja nama fitur dan nama situsnya saja yang membedakan. Heello adalah sebuah situs tiruan Twitter yang didirikan oleh pendiri Twitpic.


Peluncuran jejaring sosials ini hanya selang sehari setelah Twitter meluncurkan layanan peng-upload fotonya. Disinyalir, pembuatan Heello ini adalah aksi 'balas dendam' oleh Noah Everett karena layanan peng-upload foto Twitter seakan menjadi saingan langsung Twitpic yang juga menawarkan pengunggah foto.

Apa yang ditawarkan Heello di sini? Di Heello, tweet masih menjadi kekuatan utama, namun Everett memakai istilah lain yakni 'ping'. Layanan Retweet juga ada di sini dengan nama 'echo'. Sedang untuk mem-follow orang lain, user tinggal mengklik 'listen'.

Meski tak ada inovasi baru dalam situs ini, namun sepertinya Heello tidak hanya sebatas situs tiruan, karena ia terlihat digarap dengan cukup serius.

Tengok saja kemampuan intergrasinya ke Twitter dan Facebook sehingga user masih bisa berbagi informasi ke situs jejaring lain. Ia juga menjejalkan feed secara real time yang berisi aktivitas publik. Ke depannya, Everett mengatakan bahwa Heello (dibaca He-low) akan disokong dengan video, checkin, integrasi ke SMS, mobile apps dan 'Channel' (mirip Twitter List?).

Mau mencoba?


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar